Farmasi Rumah Sakit dan Farmasi Klinik

Pelayanan farmasi rumah sakit merupakan salah satu kegiatan dirumah sakit yang menunjang pelayanan kesehatan yang didukung oleh surat keputusan mentri kesehatan Nomor : 1333/Menkes/SK/XII/1999 tentang Standar Pelayanan Rumah Sakit, yang menyebutkan bahwa pelayanan farmasi rumah sakit adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi klinik, yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat (Anonim,2004).

Tujuan pelayanan farmasi ialah :

1.      Melangsungkan pelayanan farmasi yang optimal baik dalam keadaan biasa maupun dalam keadaan gawat darurat, sesuai dengan keadaan pasien maupun fasilitas yang tersedia.

2.      Menyelenggarakan kegiatan pelayanan profesional berdasarkan prosedur kefarmasian dan etik profesi.

3.      Melaksanakan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) mengenai obat.

4.      Menjalankan pengawasan obat berdasarkan aturan-aturan yang berlaku.

5.      Melakukan dan memberi pelayanan bermutu melalui analisa, telaah dan evaluasi pelayanan.

6.      Mengawasi dan memberi pelayanan bermutu melalui analisa, telaah dan evaluasi pelayanan.

7.      Mengadakan penelitian di bidang farmasi dan peningkatan metoda (Anonim,2004).

 

Farmasi klinik dapat didefinisikan sebagai suatu keahlian profesional dalam bidang kesehatan yang bertanggung jawab untuk meningkatkan keamanan, kerasionalan dan ketepatan penggunaan terapi obat oleh penderita melalui penerapan pengetahuan dan fungsi terspesialisasi dari apoteker dalam pelayanan penderita. Farmasi klinik ini memerlukan pengumpulan data dan interpretasi data  penderita serta keterlibatan penderita dan interaksi langsung antarprofesional. Sesuai dengan karakteristik dan defenisi pelayanan farmasi klinik ada tiga komponen utama yang mendasari peranan klinik dalam pelayanan farmasi di rumah sakit yaitu komunikasi, konseling dan konsultasi (Siregar,2003).

Tujuan utama pelayanan farmasi klinik adalah meningkatkan keuntungan terapi obat dan mengoreksi kekurangan yang terdeteksi dalam proses penggunaan obat. Oleh karena itu misi farmasi klinik adalah meningkatkan dan memastikan kerasionalan kemanfaatan dan keamanan terapi obat. Praktisi profesional kesehatan lainpun berbagi fungsi dalam melaksanakan misi ini, namun hal ini bukan merupakan satu-satunya perhatian intensif mereka (Siregar,2003).

Pelayanan farmasi klinik terdiri atas beberapa golongan sesuai karakteristik pelayanan seperti di bawah ini:

Golongan pelayanan farmasi klinik yang merupakan program rumah sakit menyeluruh. Pelayanan ini tidak terfokus pada penderita tertentu, tetapi ditanamkan dalam program rumah sakit secara menyeluruh yang pada pokoknya mempengaruhi hasil positif dari terapi obat. Pelayanan ini ditekankan pada seleksi terapi obat, pemantauan terapi obat dan edukasi tentang obat.

Golongan pelayanan farmasi klinik yang didasarkan pada komunikasi langsung pada penderita. Dalam proses penggunaan obat, apoteker wajib berinteraksi dengan dokter dan perawat yang menangani langsung penderita, dan dengan penderita itu sendiri.

Golongan pelayanan farmasi klinik formal dan terstruktur. Pelayanan ini difokuskan pada kelompok penderita atau golongan obat, bertujuan untuk peningkatan terapi dengan memberi edukasi bagi dokter penulis resep/order atau penderita.

Golongan pelayanan farmasi klinik subspesialistik. Pelayanan klinik dalam kategori ini merupakan jenis yang paling terspesialisasi. Praktisi dalam bidang ini sangat terlatih dalam suatu bidang tertentu. Persiapan untuk pengadaan pelayanan ini memerlukan pengetahuan dan pengertian yang mendalam tentang patofisiologi dan farmakoterapi dari status penyakit (Siregar,2003).

This entry was posted in all about farmasi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s